Cara Mengatasi Sensor Error Dan Kamera Blur Di Xiaomi Redmi Note 3 Pro - Xiaomi Fansboy

Cara Mengatasi Sensor Error Dan Kamera Blur Di Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Salah satu keunggulan Redmi Note 3 Pro yaitu terletak pada kameranya, ponsel ini sudah dibekali sensor kamera 16 MP yang cukup handal untuk fotografi. Bagi kamu yang suka mengoprek ROM Reno 3, terkadang ada suatu masalah yang terjadi setelah melakukan modifikasi dimana seluruh sensor mengalami error bahkan kamera susah fokus dan hasilnya pun menjadi blur / buram.

Selain tanda tersebut ada beberapa ciri-ciri Redmi Note 3 Pro mengalami error pada sensornya. Saat kamu mencoba memiringkan layar fitur rotasi tidak berfungsi dan kecerahan layar tidak bisa diatur saat kamu meredupkan atau mencerahkannya.

Jika kamu melihat beberapa tanda diatas maka sudah bisa dipastikan sensor Xiaomi Redmi Note 3 Pro kamu mengalami error. Untuk itu berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi sensor error dan kamera blur Xiaomi Redmi Note 3 Pro.

sensor error dan kamera blur redmi note 3 pro

Cara Fix sensor error dan kamera blur Redmi Note 3 Pro (Kenzo)


Untuk memastikan kembali jika sensor pada Redmi Note 3 Pro kamu mengalami error, gunakan aplikasi Sensor Box For Android yang bisa kamu download di Google Play Store. Setelah aplikasi di instal, jalankan aplikasinya dan lihat pada setiap icon di menu tersebut. Jika muncul tanda silang itu artinya sensor kamu memang error.

Selain menggunakan aplikasi diatas, kamu juga bisa mengecek sensor yang error melalui menu Settings >>> About phone >>> tap beberapa kali pada menu Kernel version hingga muncul menu QC Test. Kemudian ujilah satu persatu, jika muncul fail artinya error.

Ok, langsung saja berikut ini cara memperbaiknya.

  • Langkah pertama silahkan Unlock Bootloader Redmi Note 3 Pro kamu
  • Atau jika nggak mau ribet kamu bisa menginstal TWRP Non UBL
  • Siapkan  PC dengan OS Windows 7 keatas, kabel USB Ori, dan kondisi baterai dalam keadaan full atau minimal 60 %
  • Download dan instal ADB-Fasboot-And-Driver-v1.4.3.zip di komputer kamu
  • Unduh FTips_ToolKit_v1.2-Kenzo.zip lalu ekstrak pada folder C:\ dan letakkan diluar folder
  • Jika bahan diatas sudah siap sekarang matikan smartphone
  • Dalam kondisi OFF, tekan dan tahan tombol volume bawah + power secara bersamaan selama beberapa detik hingga masuk ke Fastboot mode lalu sambungkan HP ke PC menggunakan kabel data
  • Buka folder Toolkit yang sebelumnya sudah kamu ekstrak tadi, kemudian klik kanan Run as administrator pada file DoubleKlikSaya.bat.
  • Tunggu beberap saat nanti akan muncul kotak CMD seperti bawah ini
  • Langkah berikutnya ketik angka 8 yang berisi perintah "Memperbaiki All Sensor Error dan Kamera Blur" lalu Enter untuk melanjutkan
  • Proses perbaikan akan dimulai secara otomatis, kamu tinggal menunggunya hingga selesai
  • Jika proses sudah selesai, maka Redmi Note 3 Pro kamu akan melakukan Reboot secara otomatis, dan tunggulah hingga masuk ke menu Homescreen dengan sempurna
  • Sampai pada langkah ini kamu sudah berhasil memperbaiki sensor error pada Redmi Note 3 Pro kamu
  • Selesai

Baca juga :
Cara Mengatasi Menu Fingerprint Hilang Di Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Kenzo)

Setelah melakukan perbaikan menggunakan metode diatas, sekarang cek lagi sensor kamu dengan aplikasi Sensor Box For Android apakah semua ikon dalam kondisi tercentang / tidak ada tanda silang?.

Jika iya tandanya sensor kamu sudah normal kembali. Ok sobat, demikian ulasan singkat mengenai cara mengatasi sensor error dan kamera blur Xiaomi Redmi Note 3 Pro kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel