Cara ROOT Dan Instal TWRP Xiaomi Redmi Note 5 Pro (WhyRed) - Xiaomi Fansboy

Cara ROOT Dan Instal TWRP Xiaomi Redmi Note 5 Pro (WhyRed)

Xiaomi Redmi Note 5 Pro atau yang memiliki nama lain WhyRed merupakan ponsel yang dibekali spesifikasi mumpuni dikelasnya. Dengan harga terjangkau, kamu sudah bisa mempunyai smartphone yang performanya sangat handal baik itu untuk gaming maupun multitasking.

Berbicara soal si WhyRed, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara root dan instal TWRP di Redmi Note 5 Pro ini. Khususnya untuk kamu yang ingin mengoprek seperti contohnya flash custom ROM, Tweaking, dan melakukan modifikasi lainnya maka sangat wajib melalui langkah ini terlebih dahulu.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dampak dari rooting ini. Melakukan root bisa menghilangkan garansi ponsel kamu serta mengakibatkan bootloop / hang jika kamu tidak melakukan prosesnya dengan baik.

cara root dan instal TWRP Redmi Note 5 Pro

Cara root dan pasang TWRP Redmi Note 5 Pro


Memasang TWRP pada Redmi Note 5 Pro sebenarnya bukan untuk urusan mengoprek saja, namun dengan adanya custom TWRP yang sudah diterinstal di smartphone kamu bisa melakukan backup data dalam cakupan yang luas termasuk sistemnya.

Berikut persiapan yang harus kamu penuhi sebelum lanjut ketahap root dan instal TWRP di WhyRed.
  • PC / Laptop dengan OS Windows 7 /8 / 9 / 10
  • Kabel USB bawaan
  • Kondisi baterai dalam keadaan full atau minimal 60 %
  • Sudah Unlock Bootloader

Bahan-bahan root dan instal TWRP Redmi Note 5 Pro :


Jika semua persiapan diatas sudah siap, sekarang kita lanjut ke tahap eksekusi. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini dengan teliti.

Cara instal TWRP Redmi Note 5 Pro via PC

  1. Langkah pertama aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking melalui menu pengembang, cara masuk mode pengembang >>> Klik menu Setting >>> About Phone >>> tap 7x pada MIUI Version hingga muncul tulisan Your are a Developer now >>> kembali ke menu utama Setting >>> Additional settings >>> Developer options >>> Aktifkan USB Debugging >>> jika muncul notifikasi centang pada always allow from this computer lalu klik ok >>> lanjutkan dengan menggeser kebawah hingga ada menu OEM locking kemudian aktifkan (jika tidak ada menu tersebut abaikan saja)
  2. Selanjutnya instal ADB Driver Installer yang sudah kamu download tadi, klik kanan lalu pilih Run as administrator pada file ADB.Driver.Installer.v2.0.exe. Dalam keadaan menyala sambungkan ponsel ke PC kemudian klik Refresh >>> lalu Instal pada software ADB tadi. Ikuti semua langkahnya sampai selesai.
  3. Berikutnya ekstrak file 15 Seconds ADB Installer, klik kanan pilih Run as administrator pada file adb-setup-1.4.3.exe, lalu ketik Y >>> Enter untuk menginstal ADB dan Fastboot. Y >>> Enter lagi untuk menginstal ADB system-wide. Setelah itu ketik Y >>> Enter lagi hingga muncul kotak dialog lalu ikuti langkahnya sampai selesai.
  4. Matikan smartphone kamu, masuk ke fastboot mode dengan cara menekan dan tahan tombol volume bawah + power secara bersamaan sampai masuk ke mode fastboot.
  5. Langkah selanjutnya hubungkan ponsel kamu ke komputer. Buka folder ToolKITTWRP_v2.0-WhyRed.zip yang sebelum sudah kamu ekstrak tadi lalu klik kanan Run as administrator pada file DoubleKlikSaya.bat.
  6. Setelah itu akan muncul kotak CMD, silahkan pilih nomor 1 kemudian Enter.
  7. Lanjutkan dengan mengetik Y lalu Enter.
  8. Proses instalasi TWRP Redmi Note 5 Pro akan berjalan secara otomatis, tunggu saja sampai proses selesai.
  9. Langkah terakhir cabut ponsel kamu, lalu masuk ke mode TWRP dengan cara menekan dan tahan tombol volume atas + power secara bersamaan selama beberapa detik.
  10. Jika sudah masuk ke menu TWRP Recovery, pilih menu Mount >>> kemudian hilangkan centang pada menu Mount system partition read-only (ini bertujuan agar TWRP tidak hilang setelah kamu melakukan Reboot).
  11. Selanjutnya klik Install, lalu cari file no-verity-opt-encrypt-6.0.zip yang sudah kamu pindahkan tadi.
  12. Swipe to confirm Flash , setelah itu Reboot system.
  13. Selesai.

Cara root Redmi Note 5 Pro via TWRP


Jika Redmi Note 5 Pro kamu sudah terpasang TWRP, sekarang saat kita melakukan rooting pada ponsel ini melalui TWRP Recovery. Berikut tutorial lengkapnya :

  1. Matikan ponsel kamu, dalam kondisi off tekan dan tahan tombol volume atas + power secara bersamaan selama beberapa detik.
  2. Pada menu utama TWRP klik menu Install, lalu cari file UPDATE-SuperSU.zip >>> Swipe to confirm Flash.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai, setelah itu pilih menu Reboot system.
  4. Sampai pada tahap ini kamu sudah berhasil melakukan root di Xiaomi Redmi Note 5 Pro.
  5. Untuk memastikan, kamu bisa mengeceknya di menu nanti akan ada aplikasi SuperSU.
  6. Selesai.

Baca juga :

Jadi seperti itulah cara root dan instal TWRP Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang bisa kami ulas untuk kamu. Ok sobat, demikian postingan kali ini, semoga dengan adanya tutorial diatas bisa membantu kamu yang ingin memodifikasi si WhyRed ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel