Cara Mengatasi SIM Tidak Terdeteksi Di Xiaomi Redmi Note 4

Selain Bootloop, terkadang smartphone Xiaomi juga bisa mengalami masalah lainnya seperti SIM error. Khususnya pada Xiaomi Redmi Note 4,  dimana saat kartu SIM tidak terbaca maka signal pada ponsel pun tidak akan muncul.

Hal tersebut tidak terjadi pada Redmi Note 4 saja, namun terkadang beberapa tipe ponsel Xiaomi lainnya juga bisa mengalami error pada SIM Card nya. Jika sudah begitu, maka sobat tidak menggunakan hp Xiaomi kalian untuk menelepon, sms, maupun internetan.

Nah, untuk kalian yang mengalami masalah tersebut sebaiknya tidak perlu panik dulu, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tutorial bagaimana cara mengatasi SIM tidak terdeteksi di Xiaomi Redmi Note 4 yang bisa kamu coba.

cara mengatasi sim tidak terdeteksi di Xiaomi Redmi Note 4

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di hp Xiaomi Redmi Note 4


Ada beberapa faktor yang menyebabkan SIM Card kamu tidak terdeteksi di Xiaomi, seperti pemasangan SIM tray yang kurang pas, kuningan SIM ada yang terlepas maupun settingan jaringan yang kurang tepat. Dari banyaknya penyebab tersebut, maka sobat harus menganalisa satu persatu agar bisa menemukan solusinya.


1. Cek pada tempat SIM / SIM Tray


Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, penyebab SIM tidak bisa terbaca pada Xiaomi Redmi Note 4 bisa dikarenakan oleh pemasangan SIM Tray yang kurang pas. Mungkin saja SIM Tray nya ada yang bengkok.

Jika memang itu penyebabnya maka kalian bisa meluruskan kembali tempat SIM tersebut agar pemasangannya bisa pas. Atau jika perlu, kalian bisa membeli SIM tray yang baru, harganya cukup murah kok yakni sekitar Rp 20.000 saja.


2. Cek settingan jaringan


Secara default , pengaturan jaringan pada Xiaomi Redmi Note 4 biasanya akan dibuat otomatis, dimana sistem akan mendeteksi penyedia network ditempatmu secara otomatis. Namun jika ditempat kalian minim signal, maka sebaiknya gunakan cara manual.

Silahkan buka menu Engineering melalui kode rahasia *#*#3646633#*#* setelah itu sobat akan dibawah ke menu tersebut. Langkah selanjutnya pilih menu Network Selecting / Pemilihan Jaringan dan ubah setelannya menjadi GSM/WSDMA (auto). Dengan memilih tipe jaringan tersebut, kini signal akan kembali muncul lagi.


3. Cek pada kuningan tempat SIM


Jika cara diatas tidak juga memberikan solusi, maka sebaiknya kalian mengecek pada bagian tempat SIM nya, karena siapa tahu ada kuningan yang bengkok atau terlepas. Nah, untuk yang satu ini kalian harus membongkar kasing pada Xiaomi Redmi Note 4 sobat.

Buka tutup baterainya menggunakan kartu tipis yang terbuat dari plastik, buka secara hati-hati karena pada tutup belakang Xiaomi Redmi Note 4 tersebut ada koneksi Fingerprint ke mesin. Setelah terbuka lepaskan konektor fingertprintnya, lalu cek pada bagian kuningan SIM nya. Jika memang ada salah satu tembaga yang patah, terlepas, bengkok maka sobat harus melakukan penyoderan secara manual.

Baca juga :

Itu tadi adalah beberapa cara mengatasi SIM tidak terdeteksi di Xiaomi Redmi Note 4 yang bisa kalian coba. Selain untuk tipe tersebut, kamu juga bisa menerapkannya pada tipe hp Xiaomi lainnya. Ok sobat, sekian tutorial kali ini, semoga dengan adanya ulasan diatas membuat kartu SIM kalian terbaca kembali.

0 Response to "Cara Mengatasi SIM Tidak Terdeteksi Di Xiaomi Redmi Note 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel